cover
Contact Name
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Contact Email
jayantika@mahadewa.ac.id
Phone
+6285739639728
Journal Mail Official
jayantika@mahadewa.ac.id
Editorial Address
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23022124     EISSN : 26228688     DOI : -
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of mathematics, science and environmental education issues. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika contains research papers in the fields of mathematics and science education. The scope of this journal study is as follows: Mathematics education Biology education Living environment Assement in Science and Mathematics Education Evaluation in Science and Mathematics Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022" : 5 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Matematika Realistik Dan Kearifan Lokal Meina Ayuningsih Ni Putu; Safitri Pratiwi Luh Putu; Oka Ciptahadi Ketut Gus
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.808 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.6399084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam uji coba media pembelajaran berorientasi matematika realistik dan kearifan lokal. Data dikumpulkan adalah skor pemahaman konsep matematika siswa. Data ini diperoleh dalam uji coba penggunaan media dengan menggunakan design research. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu uji rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan dari uji lapangan I ke uji lapangan II sebesar 3,55.
Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021 wayan sunita; Juwana I Dewa Putu; Atik Widyantari Ni Made
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.231 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.6401300

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya tingkat kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa selama masa pandemi. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa adalah model kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan secara simultan antara kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model kooperatif Talking Stick dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP 5 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan Non Equilavent Control Group Design. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan deskripsi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Berdasarkan uji analisis hipotesis dengan MANOVA diperoleh keputusan sebagai berikut terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang mengikuti model kooperatif Talking Stick dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model kooperatif Talking Stick dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan simultan kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti mengikuti model kooperatif Talking Stick dengan siswa yang mengikuti pembelajaran model konvensional di kelas VII SMP N 5 Mengwi.
Artikel Studi Keanekaragaman Hayati dan Morfologi Tanaman Upakara Yadnya Hindu Bali Surata I Ketut; Sudiana I Made; Seniwati Ni Putu; Nova Dwi Marhaeni I Gusti Agung Ayu; Suka Widana I Nengah
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (950.483 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.6410090

Abstract

Semua tingkatan upacara yadnya Hindu Bali memerlukan tanaman sebagai sarana upakara. Untuk dapat mengenali tanaman upakara sehingga memudahkan mendapatkan tanaman yang dierlukan, dibutuhkan panduan keanekaragaman jenis dan morfologi tanaman upakara. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan KH dan ciri morfologi tanaman upakara di wilayah Desa Adat Sanggulan dan Tengkudak. Observasi tanaman dilakukan di sepanjang jalur transek dengan panjang 1.5 km dan lebar 5 m. Tanaman upakara yang berhasil ditemukan dideskripsikan tentang nama jenis tanaman, habitat, cara hidup, bentuk hidup, status tumbuh, dan ciri morfologi. Hasil observasi dan dokumentasi menemukan 51 jenis tanaman upakara yang tergolong dalam 34 famili dengan kekayaan jenis sebanyak 1676 tanaman. Jumlah jenis tanaman di Sanggulan 41 jenis dengan kekayaan jenis 885 tanaman, sedangkan di Tengkudak sebanyak 31 jenis dengan kekayaan jenis 791 tanaman. Anggota famili terbesar adalah Arecaceae dengan 5 spesies (19,23%), sedangkan anggota famili terkecil yaitu 21 famili beranggotan 1 spesies (3,85%). Bentuk hidup (habitus) tanaman paling dominan yaitu pohon 15 famili (44,12%), dan bentuk hidup paling sedikit 2 famili (5,90%) adalah herba. Cara hidup tanaman paling dominan fanerofit 28 famili (82,35%), dan paling sedikit 1 famili kamefit (2,94%). Mayoritas tanaman upakara yang dijumpai merupakan tanaman budidaya, hanya 3 jenis tanaman liar aren (Arenga pinnata Merr.), bambu tali (Gigantochloa apus), dan bambu petung (Dendrocalamus asper). Jenis tanaman terbanyak yang dijumpai yaitu puring (Codiaeum variegatum) 436 tanaman (26,01%) dan jenis yang paling sedikit sirih (Piper batle L.), naga sari (Mesua ferrea L.), belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.), kelor (Moringa oleifera Lam.), dan kembang telang (Clitoria ternatea L.), masing-masing satu (1) tanaman (0,06%). Kesimpulan yaitu, tidak terdapat perbedaan signifikan jenis tanaman upakara di Sanggulan dan Tengkudak. Semua jenis tanaman upakara yang ditemukan tumbuh dengan baik, karena kondisi fisik lingkungan di kedua wilayah sangat mendukung kehidupan tanaman. Kata-kata kunci: keanekaragaman hayati, morfologi, tanaman, upakara
Analisis Minyak Atsiri Bunga Melati menggunakan Kromatografi Gas-Spektroskopi Massa (GC-MS) Ni Made Sukma Sanjiwani Sanjiwani; Sudiarsa I Wayan; Ayu Mirah Mariati Ni Putu
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.057 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.6401590

Abstract

Abstract : It has been done Analysis Oil Jasmine Flower Essentials with Gas Chromatography- Mass Spectroscopy (GC-MS). Identification component group compound oil essential flower Jasmine researched with 2010 Shimadzu GCMS–QP tool . Condition operational tool namely : column DB-17MS, temperature column 70ºC and temperature 250ºC injection . Based on the results of GC - MS compounds group oil essential dominant in essential oils flower Jasmine are linalool, citronellal, beta-citronellol and trans-geraniol, the fourth compound the including group monoterpenoid compounds . On the spectrum ms linalool compound undergoes fragmentation with the release of (CH3 )•, ethyl group (C2 H5 )• and (C3 H7)• group . On the spectrum ms citronellal compounds undergo fragmentation with the release of (CH3 )•, groups (C3 H7 )•, groups (C5 H11)•, groups (C6 H13 )•, groups (C7 H15 )•, groups (C8 H17 )• and the group (C9H19)•. On the spectrum ms beta-citronellol compounds undergo fragmentation with the release of (CH3)•, (C2H5)• groups and (C3H 7 )•. On the spectrum ms trans-geraniol compounds undergo fragmentation with the loss of groups (C6 H13 )• and groups (C8 H17 )•. Keywords : Oil essential flower jasmine , GC-MS, linalool, citronellal, beta-citronellol and trans-geraniol
Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron (Studi Kasus pada Prodi Pendidikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan) NI NYOMAN SERMA ADI; DEWA NYOMAN OKA; NI MADE SERMA WATI
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (831.608 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.6426489

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring selama masa pendemi covid-19 varian Omicron studi kasus pada Prodi Pendidikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memperoleh data dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi yang ingin di ungkapkan, mengembangkan dan menafsirkan data, peristiwa kejadian dan fenomena-fenomena yang terjadi pada saat sekarang. Penelitian dengan menggunakan metode tersebut menitik beratkan pada observasi. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan mulai Desember 2021 sampai Januari 2022 dengan pengambilan lokasi di IKIP Saraswati Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan Yang Terletak di Provinsi Bali. Subjek peneliti yang dipilih dalam penelitian ini yaitu Dosen, Mahasiswa, dan juga Kaprodi Pendidikan Biologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Varian Omicron (Studi Kasus Pada Prodi Pendikan Biologi di IKIP Saraswati Tabanan) tidak terlalu efektif dalam menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Perguruan Tinggi

Page 1 of 1 | Total Record : 5